kenalan sama korosi/karatan lebih jauh yuk

swing arm vixy ane terserang karat

yups sebagai biker mungkin kita sangat sebal sama yang namanya karatan, terlebih yang karatan itu adalah motor kita. rasanya pingin mengilangkan tapi kok susahnya hehehe. kita sangat sebal sama yang namanya karatan tapi tak jarang dari kita tahu cara menanggulaninya apalagi mencegahnya.

apasih korosi itu ?

menurut buku pelajaran saya, Korosi adalah proses perusakan suatu materi yang terjadi secara perlahan-lahan dan dalam waktu yang lama disebabkan oleh suatu proses kimia, contohnya adalah karat pada besi.

apa aja faktornya ?

  • kelembapan udara
  • elektrolit
  • zat terlarut pembentuk asam
  • adanya oksigen
  • lapisan pada permukaan logam
  • letak logam dalam deret potensial reduksi

nah yang paling krusial ini nih cara pencegahannya, dalam pencegahannya dibagi menjadi 2 yaitu, pencegahan mekanis dan perlindungan elektrokimia.

pencegahan mekanis

perlindungan mekanis yaitu perlindungan yang dilakukan agar permukaan logam tidak berhubungan dengan oksigen dan air di udara. perlindungan mekanis dapat dilakukan dengan cara pengecatan logam serta melapisi logam dengan minyak, oli, pelumas, atau logam yang lebih mudah teroksidasi (harga E sel-nya kecil). logam juga dapat dicampur logam lain (alloy), misal stainless steel.

perlindungan elektrokimia

perlindungan elektrokimia bertujuan mencega terjadinya korosi elektrolitik (reaksi elektrokimia yang mengoksidasi logam). perlindungan elektrokimia bisa disebut juga dengan perlindungan katode atau pengorbanan anode, caranya dengan menhubungkan logam pelindung, yaitu logam yang tidak mulia (E sel-nya lebih kecil).

kebanyakan kita kita kalangan biker sering melakukan pencegahan karat dengan melakukan perlindungan mekanis, bener gak bro?

wokeeeeeh sekian nih kenalan sama korosinya, mungkin bro bro semua bisa melakukan berbagai langkah pencegahan dan mengetahui sebab sebab korosi lebih jauh hehehehe.

indahnya berbagi ilmu, daripada dikit-dikit ngatain bodoh. hehehehe

join social media vixionr15

email : vixionr15@gmail.com

facebook : vixionr15motoblog

twitter : @vixionr15blog

 

 

Tentang vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐,

penyuara opini
Pos ini dipublikasikan di experience, otomotif dan tag , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke kenalan sama korosi/karatan lebih jauh yuk

  1. yoshi berkata:

    pencerdasan . . .

  2. Aa Ikhwan berkata:

    biasana memang secara mekanis sob seperti leher vixion yg standar ane ksh oli.

    ane pun daerahnya rawan korosi krn daerah sunter jakarta utara lebih dekat ke laut..yah tau sendiri air laut dengan rasa garamnya😀.

  3. aditninjamaniac berkata:

    jadi mening di cat aja arm vixynya..dicat senada dengan frame deltaboxnya karen dar..atau ngga dicat warna hitam metalik..atau ganti aja sekalian pake arm R15 v2.0.. xixixi….

  4. bimo96 berkata:

    untungnya motor ane blum karatan..yg ada malah cat body kusam

  5. Redbugs berkata:

    sama klo swingarm karena pakai spakbor kolong…hedehh…

  6. jnakawara berkata:

    korosi, kolusi, nepotisme… hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s